Kamis, 27 Maret 2008

Janji sama cinta, bedanya tipis banget

Pernah ngga ke ucap sama elo, sebuah janji yg sebenernya elo juga tau apa resikonya.

---


beberapa tahun lalu, waktu gw masih duduk di bangku SMU, gw pernah kenal seseorang, seseorang yg merubah hidup gw 180 derajat. ngga baik juga sebenernya gw ungkit lagi cerita gw sama dia. tapi ngga tau kenapa tadi malem, gw keinget dia terus, bukan masalah, dia seseorang yang pernah gw cintai banget. bukan masalah dia pernah bersandar dihati gw terlalu lama, lama sekali. sampai kapan gw juga ngga pernah tau. bukan juga masalah gimana gw harus ngegantiin dia dengan seseorang di dalem sini, dalem hati yg ngga tau seberapa dalemnya.


tapi gimana gw harus megang janji yg harus gw tepatin, bukan karena ngga ada orang lain untuk ngegantiin dia dalam hati gw. beberapa tahun lalu dia pernah dateng ke Jakarta ; gw ngga tau apa tujuan dia dateng kesini. yang jelas waktu itu dia minta kita buat ketemuan.

abis capek kita jalan-jalan di Jakarta. gw sama dia makan dulu, sambil duduk, sebelum pecahnya keheningan, kita cuma diem, gw ngga tau apa yg ada dipikiran gw, yg gw bingung, gw ngga pernah nyangka kalo gw bakalan bisa ketemu dia lagi. berdua,..cuma berdua.


---

keheningan itu mulai bubar ketika dia...


seseorang itu : udah berapa lama kita pisah kak


gw : 7 tahun,kurang, atau mungkin lebih, aku ngga tau


seseorang itu : sejak kita pisah dulu, pernah aku tergantikan ?


gw kaget ngedenger kata-kata dia, gw cuma bisa nunduk mencoba flash back kehidupan gw,setelah dia udah ngga ada disisi gw. ya, satu persatu mulai cerita demi cerita bolak-balik dalam hati gw, tapi semua ngga ada yg terlalu berarti sampai akhirnya nanti...


seseorang itu : pernah kak ?


gw : 7 tahun waktu yg lama, untuk nyimpen kamu dalam hati, 7 tahun waktu yang lama,

gimana, semua cerita tentang orang-orang yg mulai masuk dalam hatiku ngga pernah aku gubris, 7 tahun ...


seseorang itu : maafin aku kak, harusnya aku ngga ninggalin kakak dulu.


gw : ngga juga, mungkin ini yg terbaik yg bakalan TUHAN kasih sama kita.


---


efek dari gw ngucapin janji yg sampe hari ini gw ngga pernah tau, apa gw bisa nepatin janji sama seseorang itu, TUJUH TAHUN, waktu yg udah gw lalui, terlalu lama untuk ngelupain seseorang dalem ati, terlalu lama untuk ngejanjiin ke seseorang, dan akhirnya kita udah ngerasa ngga mampu ngejalanin nya lagi.

sedangkan sekarang gw mendem perasaan ke seseorang, yg juga udah lama (meskipun ngga lama banget) sama cerita seseorang yg ada di SMA itu.

---


setaun udah gw pendem perasaan kalo seandainya gw suka sama dia, ngga tau gimana cara ngomongnya. ngga tau gimana nge-expresiinnya. atau mungkin yang paling parah gw takut cinta gw bertepuk sebelah tangan. gw takut coba mencintai dia, cinta bertepuk sebelah tangan, sebenernya ngasih tau dan nunjukkin gimana sebenernya kita tuh ngga pantes ngedampingin dia, ngga pantes jalan, and nuntun tangan dia bersama-sama, cinta bertepuk sebelah tangan juga ngingetin kita, kalo kita tuh ngga sempurna buat dirinya, atau seenggaknya kita masih jauh dari penilaian sempurna menurut dia untuk ngedampinginnya.


sedangkan, ngilangin seseorang yang kita cintai dalam hati, ngga semudah kita mengekspresikan perasaan itu sendiri, harus terlalu banyak yang bakalan kita ilangin tentang diri dia. kebiasaan dia, kebiasaan kita sama dia, cara bicaranya, tatap matanya, atau mungkin cara marahnya sama kita. itu ngga bakalan gampang untuk di ilangin, perlu proses yang terlalu panjang, pertanyaannya, sanggup ngga kita ??


gw ngga pernah ngobrol sama dia mengenai hal-hal yg krusial, apalagi tentang perasaan, cinta, atau sejenisnya. tapi gw masih inget waktu salah satu temennya ngomong sama gw


"kalo elo ngga pernah ngomong, gimana dia tau, kalo lo suka sama dia"


harus ya, itu pertanyaan gw, harus ya setiap laki-laki yang sedang menyukai cewek, harus ngomong kalo dia suka sama itu cewe, harus ya, setiap laki-laki yang suka sama cewe, harus superperhatian atau mungkin lebih sedikit cari muka, bermanis ria didepan cewe itu ?


ngga khan ? atau setidaknya menurut prespektif cinta yang ada di otak gw, cinta tuh bukan itu. cinta itu, menurut gw ; "menempatkan perasaan kita di tempat yang benar tidak bergeser sedikitpun meski di goyang, cinta itu diem dalam hati."


kalo aja dia tau, gimana perasaan gw, dan gimana perjuangan gw ngelupain masa lalu, demi menghadirkan dia dalam hati gw, itu sesuatu yang berat banget dalam hidup gw. menggeser masa lalu, karena kehadiran dirinya, buat gw sesuatu yang indah banget dalam idup.


tapi ada hal yang dia ngga pernah tau, pertama. gw pernah berjanji sama seseorang, kedua. gw ngga pernah bisa nyatain kalo gw suka banget sama dia. dan dia, tidak pernah menunjukkan hal yang sama.

bwt gw janji sama cinta, itu bedanya tipis banget.



2 komentar:

Anonim mengatakan...

cinta menurutmu...aneh...orang orang cenggeng...dan pengecut....dasar jenderal penikmat candu cinta....yang terpendam karena tidak kesampaian...selamat menikmati cintamu.....mudah-mudahan kupu kupumu..mau memahamimu....sampai kapan ya????
thanks...

timor mengatakan...

selamat tinggal cinta...selamat menikamati minum obat kepala sakit....karena skripsi....selamat di operasi hati....karena cinta....selamat memakai kacamata minus 10....karena bacaan bunga bunga theori...
timor mauruan