Jumat, 28 Maret 2008

Persahabatan itu, cinta yang ngga pernah putus

"Kaulah belahan jiwaku, Kaulah curahan hatiku, kaulah cahaya hidupku, kaulah segalanya.



yups...mungkin ini adalah satu ungkapan gw buat semua sahabat-sahabat gw yg ada dimanapun, buat gw, sahabat itu kayak cinta, semakin kita ngerasain perasaan cinta itu, maka bakalan semakin kita ngerasa itu ngga akan pernah terganti. gitu sebaliknya, waktu kita punya sedikit salah paham aja, kalo mainstream kita sama, maka gw yakin. permasalahan antar sahabat ngga bakalan lama. dari dulu emang gw slalu punya sahabat-sahabat yang ngedampingin idup gw, dia ada waktu gw seneng, sedih,kesel,dan semua perasaan yg ada dalam diri gw. gitu juga sebaliknya.
gw jadi inget ria, salah satu sahabat gw waktu gw sekola di pulau sebrang sana, dia slalu ada waktu gw ngerasain semua perasaan. ngga cuma seneng, tapi juga ngga cuma pas gw sedih. udah 8 tahun gw pisah sama dia, jadi keinget waktu gw pernah ngerasain punya nilai yg jelek banget satu kelas. ngga tau kenapa kok malah ria yg nangis, harusnya gw dong yang nangis.waktu itu gw sempet nanyain ke dia ;
ria ; nyuk coba liat nilainya
gw ; ngga ah jelek banget (waktu itu gw rangking terakhir dikelas IPA 1)
ria ; liat nyuk, kok nyuk gitu ama ya
gw ; tapi jangan marah ya
ria ; ngga.



ngga berapa lama waktu dia ngeliat semua nilai gw, emang sih ngga ada merahnya, tapi gw rangking terakhir. gw ngeliat air mata di pipinya, gw bingung, kenapa dia nangis ? gw coba nanya ke dia ;
gw : ria kenapa nangis ?
ria : kok bisa nyuk ? padahal khan nyuk udah belajar khan ?
gw : iya, abis mau di apain lagi dapetnya sgitu
ria : nyuk tau, ria ngerasa ria ngga bisa bantuin nyuk, ria ngerasa gagal jadi sahabat nyuk, kalo ria liat nilai nyuk, ria ngerasa, ria ngga ada artinya sebagai sahabat nyuk .




gw kaget setengah mati. gw ngga nyangka sahabat gw bakalan ngomong kayak gitu, gw pikir dia ngga bakalan se serius ini. waktu itu, pacar gw aja ngga pernah merhatiin gw kayak yang dilakuin ria ini, dia ngga ada nanyain kenapa gw bisa punya nilai sehancur ini, dia ngga nanyain kenapa gw ? ada masalah apa gw ? atau apalah. tapi ria, dia ngga cuma sekedar ngasih perhatian ke gw, tapi dia ngerasa dia ngga mampu sbagai sahabat gw untuk support gw dalam hal apapun.



ria : nyuk tau ngga ? kita bisa ngerasa ada waktu kita punya seorang sahabat, karna sahabat itu cinta yg ngga pernah bisa di beli, perasaan yg ngelebihin rasa sayang seseorang bahkan mungkin orang yg kita cintai banget. nyuk tau, persahabatan itu cinta yang ngga pernah putus...



kata-kata itu ngga pernah lupa dari ingetan gw, persahabatan itu cinta yg ngga pernah putus, kalimat simple yg nge gugah hati gw, kalimat yg bikin gw berfikir untuk ninggalin temen-temen gw, sahabat gw. kalo kita liat maknanya, bener sih . kalo cinta seseorang itu bisa putus, apalagi adanya konflik antara orang yang kita cintai sama pribadi kita, tapi seorang sahabat, ngga akan pernah konflik sama kita, yg ada cuma saling ngingetin satu sama yg lain.


sekarang, udah 10 tahun lebih gw ngelewatin pisah dari ria, banuak orang-orang baru, sahabat baru di kehidupan gw. khususnya waktu gw ngejalani kuliah di extensi ini. ya. ekstensi politik FISIP UI, gw pikir dulu FISIP orang nya pada kagak asik, emang sih banyak yg jaim tapi jurusan gw , KHUSUSNYA angkatan gw. beh,...otaknya pada kagak ada, rasa malu udah ngga tau kemana.

kemarin, abis ujian masalah pembangunan politik, yang buat otak gw jadi bermasalah, mungkin juga otaknya anak2 juga, ikut bermasalah. soalnya GILA. bikin OTAK kita semua pada gila. abis keluar kelas, nongkrong - nongkrong depan blog, ngelepasin ke-stresan dengan cara masing

misalnya



JHON, dia lebih prepare dengan cara teriak yang kenceeeeeennnnngggg banget ,
NANA ; makhluk ajaib ini (whehehe) juga ngomong yg ngga jelas
ARAY ; pikiran mesum, yg ada diotak dia akhirnya ciptai sebuah lagu yg PARRAAH banget. mochi ; ah dia mah waras atau lagi gila saamaaa aja.
gw ; cuma bisa niru-niruin suara kakek - kakek dengan peran MBAH KUSNO.









kegilaan temen-temen gw, jadi bencong lah, sok genit lah..




muka cacat gw ama nana,.. lama-lama makin kayak orang-orangan sawah


banyuak banget cerita dan hal-hal yang lucu yang kemaren kita bahas. ketawa-ketawa, dan gw sambil fotoiin tingkah mereka, gw jadi kepikiran, gimana kalo seandainya, salah satu dari kita udah ngga ada, atau jelek-jeleknya, kalo kita udah pada lulus kuliah, masih ngga ya kita bakalan kayak gini, sama-sama, ketawa-ketawa, ngelakuin hal gila. setiap kali kepikiran perpisahan dengan sahabat-sahabat gw, gw bawaannya mau nangis sambil ngais-ngais tanah. kehilangan sahabat adalah hal yg paling gw takutin banget. kehilangan kebersamaan.
tapi emang ada pertemuan pasti ada perpisahan. hal yang bisa gw lakuin adalah gimana, cerita cerita yang pernah kita lakuin sama-sama gw rekam dalem otak dan hati gw, karna gw tau cerita seperti ini bakalan jadi kisah yg usang. klasik, tapi kisah yang selalu kita kangenin. di hari tua nanti, mungkin kita ngga akan pernah bisa ketawa-ketawa, share, nangis bareng, gila bareng, laper bareng, dan semuanya bareng bareng. itu kenapa mungkin temen gw ria selalu bilang persahabatan itu cinta yang ngga pernah putus... gw baru tau arti dari ungkapan itu, setelah ngerasain terpisah dari sahabat gw, itu yang buat gw makin paranoid dengan kata perpisahan. hal yg buat gw selalu pengen ngucurin airmata sambil ngesot trus ngais-ngais tanah.















Timor, kenapa mukanya kayak makhluk alien gitu ya ?

gw cuma pengen persahabatan ini kejalin terus sampe kita udah ngga ada, meskipun gw tau, sifat manusia pasti berubah - rubah, tapi harapan gw cuma itu, persahabatan yang ngga akan pernah putus dimakan waktu. persahabatan itu cinta yang ngga pernah putus...

persahabatan itu belahan jiwa kita

(ahhh lemes gw)





















2 komentar:

Anonim mengatakan...

gw sepakat...sepakat dengan arti sebuahn persahabatan yang di pikirkan mu....karena sahabat selalu berjalan...seiring jaman...seorang kekasih....hanya mengisi sebuah kekosongan dalam hampa...kodrat alam...karena itu bersahabat selalu indah....karena tak ada batas dalam serat serat kehidupan...sedangkan cinta telah menjadi batas...dalam serat serat hidup....akhirnya sahabat selalu menang dalam jaman....karena dia membutuhkan kenangan yang terlewatkan....oleh sebab itu pesanku...marilah kita teruskan tali persahabatan,,,,menjadi cerita indah...juga menjadi satu cita kedepan....salam sahabat salam kompak selalu...
timor mauruan

Anonim mengatakan...

hei pante....jangan samain gw ama alien....dasar pante, padang penjajah,,,,,bahasa loe kaya matamu....mati aja loe.....emang dasar pencopet teri....
thanks...