Rabu, 09 April 2008

Rasa yang Tinggal...

ada beberapa hal yang gw pikirin akhir-akhir ini, selain seminar skripsi dan beberapa tugas kuliah yang makin lama makin berat. kayak semacam flash back ke masa - masa lalu. dan itu gak cuma sekedar di pikiran gue aja, malah kmaren gw semacam bernostalgia... dengan masa lalu, tapi dengan orangnya sekalian.




here goes...


akhir-akhir ini gw sering banget, ngenang - ngenang masa lalu, masa lalu dalam artian, beberapa tahun ke belakang ini. setaun, dua taun ke belakang, malah kadang-kadang sepuluh taun ke belakang. gue juga bingung, kenapa sih akhir-akhir gue sering nginget-nginget masa lalu. dan parahnya kadang kilasan ingatan itu ngga bisa di kontrol, tiba-tiba muncul, kayak jerawat yang makin lama makin banyak.



kadang-kadang gue mikir, jangan-jangan gue udah mulai pikun (tapi kalo pikun kan ngga mungkin bisa inget-inget lagi) atau jangan-jangan ... arkhh gue jadi punya pikiran yang ngga - ngga aja. kayak kemaren waktu gue pulang dari kampus, malem-malem, di angkutan umum. gue lagi ngelamunin waktu gue pernah ngejalin satu hubungan sama seseorang, ngga lama sih hubungan itu. tapi lumayan dalem. waktu itu gue kelas satu SMA, liburan puasa, balik ke rumah , dan singkatnya gw ketemu, trus jadian ama seseorang itu. anak nya baik, baik banget. ..


waktu gue lagi asik ngelamun di dalem angkot sampe ngiler-ngiler (ini ngelamun apa ngorok ?). angkotnya berenti, di air mancur, dan ada cewek yang naik sama anak kecil, waktu itu gue sempet nanya-nanya dalam hati gue. "gila. ngapain nih cewek, malem-malem bawa anak ?" .

dalem angkot emang lampunya ngga terlalu terang, malah gue bilang ini mah udah kayak kandang puyuh, lampunya cuma lima watt. jadi emang ngga terlalu jelas kalo ngeliat.


tiba-tiba...


seseorang itu : boy ya .?


gue kaget setengah mampus, lagi asik-asik ngelamun, tiba-tiba ada yang negor. rasanya kayak di samber petir tau.


dan...


gue : ah,.hm iya. eh elo..

seseorang itu : darimana ? malem banget pulangnya ?

gue : harusnya gue yang nanya, ngapain malem-malem gini lo baru pulang. darimana ?

seseorang itu : ini, cuma abis beli martabak air mancur, nih buat anak gue.


waktu itu, gue baru sadar. kok gue ngelamunin seseorang, trus tiba-tiba dia udah di depan mata gue, pake acara bawa - bawa anak lagi.


gue : hmm, tapi apa ngga ke maleman ? trus ini .. (sambil nunjuk anak kecil disebelahnya)

seseorang itu : anak gue. (sambil nunduk)

seseorang itu : dari mana ? kok malem banget ?

gue : kerja trus kuliah.

seseorang itu : ga capek ? jangan terlalu di porsir juga gitu, nanti lo ngga takut liver lo kambuh, lo masih punya penyakit itu khan ,..? makanya,...(trus tiba - tiba dia diem, ngeliat gue, trus nunduk lagi)


seseorang itu : maaf, harusnya gue ngga pantes ya, ngomong gitu, beda. ngga kayak dulu. waktu..

gue : waktu kita sama-sama ?, ngga papa kok, elo masih bawel kayak dulu ya ?

seseorang itu : gue ngga pernah berubah boy.


tiba- tiba kita diem. ..


gue : suami lo baik ? (sambil angkat anaknya ke pangkuan gue,..) sini ama om yuk.

seseorang itu : baik. tapi dia ngga bisa nganterin malem ini..

gue : Ooo..

seseorang itu : lo kapan nikah ?

gue : hah ?? nikah ?? kok nanyanya dadakan sih ? gue belom siap nih, bener deh (sambil nyairin suasana)

seseorang itu : yeee,.. gue udah kali...

gue : oh iya,.. abis elo nanya gitu banget.

seseorang itu : Pacar lo ..?

gue : yang mana, dah lama gue ngga pacaran.

seseorang itu : kenapa ?

gue : ya gak apa-apa, belom nemuin yang cocok aja.

seseorang itu : emang susah nemuin yang cocok itu, kadang meskipun kita udah punya pasangan, belom tentu ke cocokan itu ada...

gue : maksud elo ?

seseorang itu : ya, kenyamanan diri..

gue : ke cocokan itu proses, ning, setelah proses itu berjalan, baru kenyamanan mulai ada, kenyamanan seseorang terhadap orang lain, ngga akan timbul gitu aja, dan kadang berlangsung dengan waktu yang sebentar. sekalipun kita pernah nyaman dengan seseorang dengan waktu yang sebentar dan singkat, itu berarti kita ngerti esensi kenyamanan kita sama orang itu...

seseorang itu : ya, seperti kenyamanan gue sama elo...

gue : dulu ning, dan bukan untuk sekarang...

seseorang itu : dulu, ...

gue : maafin gue, waktu itu gue harus berangkat sekola lagi, ke sumatra sana.

seseorang itu : ada rasa yang tinggal boy...



gue diem...

ngga bisa ngomong apa-apa, ngga ngerti gue salah apa ngga, tapi waktu itu bener-bener keadaan.. yang buat gue harus pergi lagi.


terlalu banyak rasa yang tinggal, dan ironisnya. dia salah satu yang tinggal. yang kadang gue ngga pernah mau ngusik dan ngusir dalam hati...



Tidak ada komentar: